Dokter Spesialis Bedah (Bedah Bariatrik / Bedah Obesitas)
HOTLINE dr Peter
0812-1067-435
Email
DIGESTIHEALTH@GMAIL.COM

Indonesia menjadi peringkat ke 10 tingkat obesitas di dunia

berat badan obesitas

Indonesia menjadi peringkat ke 10 dengan tingkat obesitas tertinggi di dunia yang dirilis oleh jurnal media Lancet.

Ada 2,1 miliar orang di dunia atau naik 875 juta dari tahun 1980 memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Dan belum ada solusi yang efektif untuk menurunkan tingkat obesitas. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan terus menerus dari penderita obesitas di dunia.

Menurut studi yang Lancet yang melibatkan 188 negara, Amerika Serikat, Cina dan Rusia mendapatkan tingkat obesitas tertinggi dan negara Inggris merupakan negara dengan tingkat obesitas tertinggi di Eropa Barat.

Menurut para pakar, obesitas disebabkan oleh modernisasi yang ada di dunia sehingga manusia tidak memiliki banyak aktivitas fisik di semua tingkat.

Dari institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) di Washington , para ilmuwan merilis jumlah orang yang mengalami obesitas yang ada di dunia. Penelitian ini menggambarkan bahwa obesitas di negara-negara maju memiliki jumlah yang tinggi. Berikut merupakan peringkat negara dengan tingkat obesitas di dunia yang dirilis oleh The Lancet :

  1. AS
  2. Cina
  3. India
  4. Rusia
  5. Brasil
  6. Meksiko
  7. Mesir
  8. Jerman
  9. Pakistan
  10. Indonesia

Di negara berkembang, perempuan memiliki tingkat obesitas lebih tinggi dibanding lelaki. Tingkat obesitas lebih tinggi bagi perempuan di negara berkembang karena mereka harus melakukan tugas rangkap, mengurus keluarga dan bekerja, kata Prof Mokdad, sehingga tidak ada waktu untuk mengendalikan berat badan. Namun di negara maju, jumlah pria dengan obesitas lebih banyak dari wanita.

Leave a Reply

WhatsApp chat