Dokter Spesialis Bedah (Bedah Bariatrik / Bedah Obesitas)
HOTLINE dr Peter
0812-1067-435
Email
DIGESTIHEALTH@GMAIL.COM

Diet Obesitas, Efektifkah untuk Mengatasi Kegemukan?

diet obesitas

Diet Obesitas.

Obesitas terdengar sepele namun jika tidak ditangani dengan tepat, kondisi medis ini bisa memicu timbulnya berbagai penyakit mematikan seperti diabetes, penyakit jantung, hingga kanker. Penderita obesitas sangat disarankan untuk melakukan diet obesitas sehingga dapat mengurangi berat badan secara perlahan.

Sayangnya, berbagai macam diet dan olahraga terkadang membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menunjukkan penurunan signifikan. Hal ini menyebabkan banyak penderita obesitas yang putus asa dan mengira bahwa diet dan usaha yang dilakukan telah gagal. Seperti apa seharusnya diet untuk mengatasi obesitas? Seberapa efektif diet untuk obesitas? Adakah solusi lain untuk mengatasi kegemukan?

Jumlah Kalori untuk Menurunkan Berat Badan

Pada dasarnya, Anda harus mengontrol jumlah asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh setiap harinya. Asupan kalori berlebih sangat berpotensi menimbulkan tumpukan lemak yang memicu timbulnya gangguan kesehatan seperti obesitas. Bagi Anda yang tengah berusaha untuk menurunkan berat badan juga perlu memantau jumlah asupan kalori agar proses penurunan berat badan dapat berjalan sesuai harapan.

Sebelum memutuskan untuk melakukan diet, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui jumlah kebutuhan kalori harian. Cara menghitungnya cukup mudah, yaitu dengan mengetahui berat badan ideal terlebih dahulu. Untuk mengetahui berat badan ideal, Anda dapat menggunakan rumus di bawah ini:

BB ideal = [tinggi badan– 100] – [(tinggi badan – 100) x 10%]

Setelah mengetahui berat badan ideal, Anda dapat mulai menghitung kebutuhan kalori per hari. Tanpa repot, Anda dapat melakukan perhitungan menggunakan kalkulator kalori yang banyak tersedia secara online. Hanya dengan memasukkan berat badan ideal, maka akan muncul jumlah kalori yang seharusnya Anda dapatkan setiap hari.

Untuk program diet dan mengurangi berat badan, jumlah kalori akan dipangkas hingga 500 kalori. Diet ini dinamakan sebagai diet rendah kalori dan cukup efektif untuk mengatasi kegemukan. Setelah mengetahui jumlah kalori yang seharusnya Anda dapatkan, pemilihan makanan juga penting untuk diperhatikan.

Pemilihan Makanan untuk Diet Obesitas

Diet identik dengan makanan sehat seperti sayur dan buah. Namun masih banyak orang yang menganggap bahwa diet berarti siksaan karena membiarkan diri kelaparan tanpa makanan. Padahal asupan makanan bergizi sangat penting untuk keberhasilan program diet. Berikut ini beberapa jenis makanan yang seharusnya Anda dapatkan ketika melakukan diet:

Karbohidrat

Meskipun Anda tengah menjalankan program diet, asupan karbohidrat tetap diperlukan oleh tubuh. Karbohidrat memberikan asupan kalori sehingga memungkinkan tubuh untuk beraktivitas. Yang perlu diperhatikan adalah pemilihan jenis makanan yang mengandung karbohidrat. Nasi merah, oats, pasta gandum serta kentang direkomendasikan untuk Anda yang tengah melakukan diet.

Protein

Protein terbagi menjadi dua, yaitu nabati dan hewani. Anda tetap dapat mengkonsumsi kedua jenis protein tersebut, namun dalam jumlah terkontrol. Untuk protein nabati, tempe dan tahu menjadi sumber protein nabati yang mencukupi. Sedangkan untuk protein hewani, pilih bagian daging yang rendah lemak dan tanpa kulit. Hindari mengkonsumsi daging merah dan jeroan.

Lemak

Lemak tetap dibutuhkan untuk metabolisme tubuh. Sumber lemak yang baik untuk mendukung program diet antara lain minyak alpukat, minyak zaitun, dan minyak canola. Hindari makanan yang digoreng menggunakan minyak sayur karena mengandung lemak jenuh yang tinggi sehingga berpotensi menambah timbunan lemak dalam tubuh.

Operasi Mengatasi Obesitas dengan Cepat

Meskipun diet cukup efektif untuk mengurangi obesitas, namun banyak orang yang merasa kurang berhasil menurunkan berat badan hanya dengan diet. Bagi Anda yang telah berputus asa untuk menyingkirkan obesitas melalui berbagai program diet, operasi bisa menjadi jalan akhir yang dapat diambil. Bedah obesitas atau bedah bariatrik merupakan prosedur pembedahan yang kini mulai banyak dipilih.

Operasi bariatrik merupakan solusi terakhir bagi penderita obesitas yang membutuhkan penanganan khusus. Apabila diet dan olahraga tidak lagi efektif untuk menurunkan berat badan, maka operasi menjadi jalan alternatif yang dapat dilakukan. Selain itu, operasi ini juga disarankan bagi penderita obesitas yang telah mengalami komplikasi seperti diabetes, tekanan darah tinggi, atau sleep apnea.

Secara umum, operasi dilakukan dengan cara memanipulasi organ pencernaan sehingga jumlah asupan makanan dapat dikurangi. Selain itu, prosedur lain juga dapat dilakukan dengan mengurangi penyerapan nutrisi ke dalam tubuh sehingga menghindari kalori yang menumpuk. Dalam waktu beberapa bulan, berat badan dapat berkurang secara signifikan.

Meskipun demikian, bedah obesitas tidak memberikan hasil permanen. Anda yang telah menjalani operasi bariatrik tetap harus memperhatikan asupan makanan dan gaya hidup agar hasil yang didapatkan sesuai harapan. Apabila Anda tidak mengontrol makanan dan jarang berolahraga, bukan tidak tubuh akan kembali menumpuk lemak sehingga obesitas kembali menghantui hidup Anda.

Digestihealth Bariatrics untuk Solusi Obesitas yang Efektif

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan operasi bariatrik, diperlukan pertimbangan secara matang baik dari diri Anda sendiri maupun dari dokter. Bedah lambung bariatrik merupakan operasi besar dengan prosedur yang rumit sehingga membutuhkan banyak pertimbangan termasuk kondisi dan karakter tubuh pasien. Faktor resiko juga menjadi hal yang perlu diperhatikan sebelum menjalani operasi.

Berangkat dari hal tersebut, Anda tidak bisa memilih rumah sakit secara asal-asalan. Diperlukan pengalaman khusus serta penanganan dari tenaga ahli agar operasi dapat berjalan lancar dengan meminimalisir resiko yang mungkin terjadi. Digestihealth Bariatrics merupakan solusi tepat bagi Anda yang ingin menjalani prosedur bariatrics surgery secara aman dan nyaman.

Dr. dr. Peter Ian Limas, Sp.B-KBD merupakan dokter spesialis bedah yang akan menangani Anda ketika menjalani operasi bariatrik. Sebelumnya, Anda juga dapat berkonsultasi mengenai metode bariatrik yang tepat sesuai dengan kondisi dan karakter tubuh.

Berikut ini beberapa alasan mengapa Digesithealth Bariatrics dengan dr. Peter direkomendasikan bagi Anda yang ingin mengambil langkah operasi bariatrik:

Pilihan metode

Digestihealth Bariatrics menawarkan tiga metode bariatrik yang bisa disesuaikan dengan tubuh Anda. Metode tersebut antara lain gastric bypass, mini gastric bypass, dan sleeve gastrectomy. Setiap metode mempunyai prosedur yang berbeda, namun tujuannya tetap sama yaitu untuk menurunkan berat badan secara signifikan serta meningkatkan kualitas hidup dengan memperbaiki metabolisme tubuh.

Dokter spesialis berpengalaman

Dr. dr. Peter Ian Limas Sp.B-KBD adalah dokter spesialis bedah yang bekerja di RS Sumber Waras. Dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia ini telah berpengalaman selama lima tahun dalam bidangnya. Selain menangani operasi bariatrik, dr. Peter juga dapat melayani operasi usus buntu serta penjahitan luka.

Layanan konsultasi 100%

Jika Anda membutuhkan berbagai macam informasi seputar obesitas dan prosedur operasi bariatrik, Anda dapat melakukan konsultasi dengan dr. Peter secara langsung. Tersedia layanan konsultas via WhatsApp yang bisa Anda hubungi di nomor +6281-2106-7435. Disamping bertemu langsung dengan dokter, konsultasi online ini bisa memberikan rasa nyaman bagi Anda sebelum dan sesudah operasi.

Operasi bariatrik merupakan solusi terakhir apabila diet obesitas yang Anda lakukan tidak membuahkan hasil. Meskipun demikian, operasi ini tidak memberikan hasil permanen sehingga Anda harus mengontrol pola makan dan menjalani gaya hidup sehat agar terhindar dari obesitas.

Leave a Reply

WhatsApp chat