Dokter Spesialis Bedah (Bedah Bariatrik / Bedah Obesitas)
HOTLINE dr Peter
0812-1067-435
Email
DIGESTIHEALTH@GMAIL.COM
Dr. dr. Peter Ian Limas Sp.B-KBD

Dr. dr. Peter Ian Limas Sp.B-KBD Operasi bariatrik bukanlah hal baru di Indonesia. Prosedur bedah yang satu ini tergolong operasi besar dan cukup rumit sehingga harus ditangani secara langsung oleh dokter spesialis bedah. Salah satu dokter spesialis yang melayani pembedahan bariatrik adalah Dr. dr. Peter Ian Limas Sp.B-KBD yang telah berpengalaman di bidangnya untuk membantu penderita obesitas mendapatkan hidup lebih baik.

Biasa dikenal sebagai dr. Peter, spesialis bedah yang satu ini bekerja sama dengan beberapa tim operasi bariatrik Rumah Sakit Sumber Waras menghadirkan Digestihealth Bariatrics. Pelayanan kesehatan yang satu ini berfokus pada operasi digestif yang bertujuan untuk mengurangi berat badan melalui manipulasi organ pencernaan atau biasa disebut sebagai bariatrik.

Profil Dr. dr. Peter Ian Limas, Sp.B-KBD

Bedah Obesitas Bedah Bariatrik Dr. dr. Peter Ian Limas, Sp.B-KBD

Dr. dr. Peter adalah seorang dokter spesialis bedah yang kini membuka praktek di Rumah Sakit Sumber Waras, Jakarta Barat. Sebagai dokter bedah, dr. Peter telah tergabung dengan Ikatan Dokter Indonesia hingga saat ini. Menamatkan pendidikan spesialis bedah di Universitas Padjajaran Bandung, dr. Peter kini melayani penjahitan luka, operasi usus buntu, serta operasi bariatrik.

Dokter yang satu ini mempunyai pengalaman selama 5 tahun dalam bidangnya. Saat ini, dr. Peter bersama dengan tim dokter lainnya tergabung dalam Digestihealth Bariatrics yang melayani 3 bedah digestif di Rumah Sakit Sumber Waras. Bedah digestif tersebut bertujuan untuk mengurangi berat badan para penderita obesitas serta meningkatkan metabolisme tubuh mereka.

Jadwal praktek dr. Peter di Rumah Sakit Sumber Waras adalah hari Rabu mulai pukul 18.00 hingga pukul 19.00. Anda juga bisa memilih hari Jumat mulai pukul 09.00 hingga pukul 10.00. Bagi Anda yang berdomisili dekat dengan RS Sumber Waras dapat memilih antara dua hari tersebut untuk bertemu dengan dr. Peter.

Selain di RS Sumber Waras, dr. Peter juga bekerja di Rumah Sakit Pondok Indah. Jadwal praktek di rumah sakit ini lebih intensif, yaitu hari Senin-Selasa mulai pukul 08.00 – 10.00, Rabu mulai pukul 08.00 – 12.00, Kamis mulai pukul 08.00 – 09.00 dan 13.00 – 17.00, serta hari Jumat mulai pukul 12.00 – 16.00. Anda dapat menyesuaikan waktu kunjungan dengan jadwal praktek dokter tersebut.

Disamping berprofesi sebagai dokter spesialis bedah, dr. Peter juga berperan sebagai konsultan bedah digestif. Apabila Anda merupakan penderita obesitas yang berencana untuk melakukan bedah obesitas, maka dapat berkonsultasi dengan dr. Peter.

Apa Itu Operasi Bariatrik?

Secara garis besar, operasi bariatrik merupakan sebuah prosedur bedah yang dilakukan pada penderita obesitas. Bedah tersebut melibatkan manipulasi lambung dan organ pencernaan lain dengan tujuan untuk mengurangi berat badan penderita obesitas secara drastis. Cara yang dilakukan cukup bervariasi, mulai dari mempersempit ruang lambung hingga mengurangi penyerapan nutrisi ke dalam tubuh.

Hingga saat ini, operasi obesitas tergolong cukup efektif untuk menyingkirkan obesitas. Prosedur operasi yang dijalankan dapat menurunkan berat badan secara signifikan. Menurut dr. Peter, operasi bariatrik tidak hanya bertujuan untuk menguruskan badan tetapi untuk memperbaiki metabolisme tubuh. Dengan demikian, resiko yang mengintai penderita obesitas dapat dihilangkan.

Sebagaimana yang Anda ketahui, orang dengan obesitas mempunyai resiko yang tinggi untuk terserang berbagai penyakit kronis mulai dari serangan jantung, hipertensi, stroke, hingga diabetes. Dengan mengurangi berat badan secara signifikan, diharapkan penyakit kronis tersebut tidak lagi menghantui penderita obesitas.

Terdapat tiga macam operasi bariatrik yang ditawarkan oleh dr. Peter Ian Limas melalui Digestihealth Bariatrics RS Sumber Waras. Berikut ini beberapa pilihan bedah bariatrik yang dapat dipilih sesuai dengan kondisi dan karakteristik tubuh Anda:

Gastric bypass

Disebut juga sebagai bypass lambung, prosedur operasi yang satu ini dilakukan dengan cara memotong lambung bagian atas sehingga membentuk kantong lambung berukuran kecil. Kantong tersebut kemudian dihubungkan dengan usus kecil sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama bagi pasien. Selain itu, operasi ini juga bertujuan untuk mengurangi jumlah asupan makanan dan penyerapan kalori.

Bedah bypass lambung merupakan prosedur operasi bariatrik yang paling lazim di dunia. Selain itu, operasi ini juga mempunyai tingkat keberhasilan yang tinggi untuk menurunkan berat badan. Tidak heran jika gastric bypass banyak direkomendasikan bagi para penderita obesitas.

Mini gastric bypass

Digestihealth Bariatrics juga menawarkan prosedur mini gastric bypass yang merupakan bentuk sederhana dari bypass lambung. Meskipun demikian, bedah yang satu ini tidak kalah efektif dari bypass lambung. Bahkan dikatakan bahwa mini gastric bypass mempunyai ketahanan yang lebih lama jika dibandingkan dengan bypass lambung biasa.

Sleeve gastrectomy

Prosedur terakhir yang dihadirkan oleh RS Sumber Waras adalah sleeve gastrectomy. Operasi ini dilakukan dengan cara mengurangi ukuran lambung sehingga berbentuk tabung. Cara ini membuat pasien lebih cepat kenyang sehingga porsi makanan dapat dikurangi. Selain itu, prosedur ini juga membuat tubuh pasien menyerap lebih sedikit kalori dari makanan yang dikonsumsi.

Yang penting untuk dipahami, operasi bariatrik bukanlah solusi permanen untuk menurunkan berat badan. Anda tetap harus mengimbangi dengan gaya hidup sehat serta pola makan seimbang dan teratur. Tanpa kedua hal tersebut, bukan tidak mungkin Anda akan kembali mengalami obesitas meskipun telah menjalani manipulasi organ pencernaan melalui operasi bariatrik.

Di Mana Harus Menjalani Operasi Bariatrik?

Anda mungkin telah berencana untuk mengatasi permasalahan obesitas melalui operasi bariatrik namun belum menemukan rumah sakit yang tepat. Wajar saja, bariatrics surgery tergolong operasi besar sehingga mempunyai banyak resiko yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah kemampuan dan kecakapan dokter dalam melakukan tindakan operasi.

Salah satu rekomendasi rumah sakit yang bisa Anda jadikan rujukan untuk menjalani operasi bariatrik adalah Rumah Sakit Sumber Waras bersama dr. Peter. Dengan pengalaman selama 5 tahun, dr. Peter dapat membantu menentukan tindakan yang paling tepat dengan resiko minimal untuk operasi obesitas yang akan dijalani.

Digestihealth Bariatrics RS Sumber Waras menghadirkan tiga prosedur operasi bariatrik yang dapat disesuaikan dengan kondisi Anda, mulai dari gastric bypass, mini gastric bypass, hingga sleeve gastrectomy. Setiap metode mempunyai prosedur yang berbeda sehingga Anda dapat memilih yang paling tepat untuk tubuh sesuai dengan saran dokter.

Yang paling menarik, Anda bisa mendapatkan 100 persen kemudahan untuk melakukan kontak dengan dr. Peter. Kini telah tersedia layanan konsultasi dengan dr. Peter Ian Limas melalui WhatsApp. Hanya dengan menghubungi nomor +62 81-2106-7435, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi dan mengajukan berbagai pertanyaan seputar obesitas dan bedah digestif.

Tidak perlu menunggu hingga penyakit kronis mulai bermunculan untuk melakukan operasi bariatrik. Dengan Dr. dr. Peter Ian Limas Sp.B-KBD, Anda bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik serta metabolisme tubuh yang meningkat. Tidak perlu ragu untuk berkonsultasi dengan dr. Peter via WhatsApp atau bertemu langsung di rumah sakit. Buat janji sekarang juga dan singkirkan obesitas dari hidup Anda.

Leave a Reply

WhatsApp chat