Dokter Spesialis Bedah (Bedah Bariatrik / Bedah Obesitas)
HOTLINE dr Peter
0812-1067-435
Email
DIGESTIHEALTH@GMAIL.COM

Tubuh Langsing Ideal dengan Operasi Bariatrik

Operasi Bariatrik. Obesitas merupakan salah satu gangguan kesehatan yang cukup banyak ditemukan di Indonesia. Bahkan negara ini menduduki peringkat 10 dunia dengan penderita obesitas terbanyak pada tahun 2014. Seiring meningkatnya jumlah orang dengan obesitas, operasi bariatrik menjadi solusi terakhir yang dapat diambil untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Obesitas dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit kronis yang membahayakan. Oleh karena itu, penting bagi orang dengan obesitas untuk menurunkan berat badan agar terhindar dari resiko tersebut. Sayangnya, berbagai tindakan seperti diet dan olahraga tidak cukup efektif untuk mengurangi obesitas sehingga operasi bariatrik menjadi jalan terakhir yang diambil.

Jenis dan Prosedur Operasi Bariatrik

operasi bariatrik bedah bariatrik

Beberapa penderita obesitas yang mempunyai berbagai penyakit lain seperti diabetes mellitus, artritis, ataupun tekanan darah tinggi membutuhkan penanganan segera untuk menurunkan berat badan. Hal inilah yang menjadi urgensi dilakukannya prosedur bedah bariatrik agar terhindar dari berbagai penyakit kronis dan resiko yang mengintai.

Terdapat beberapa jenis pembedahan operasi bariatrik yang dapat dilakukan. Pemilihan jenis tersebut disesuaikan dengan kondisi pasien sehingga diperlukan konsultasi terlebih dahulu untuk memastikan jenis dan prosedur yang tepat. Meskipun terdiri dari berbagai jenis, operasi ini mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat serta efektif.

Untuk mengenal lebih dekat tentang bariatrik, berikut ini beberapa jenis serta prosedur yang perlu Anda ketahui:

Adjustable Gastric Band (AGB)

Prosedur pertama yang kerap dilakukan oleh tenaga medis untuk operasi penurunan berat badan adalah Adjustable Gastric Band (AGB). Prosedur ini dilakukan dengan membatasi ruang lambung sehingga asupan makanan yang dapat ditampung oleh lambung tidak terlampau banyak. Cara ini dipandang efektif untuk menurunkan berat badan secara signifikan.

Persentase AGB untuk menyingkirkan obesitas adalah 40 hingga 50 persen. Prosedur ini mempunyai beberapa kelebihan, antara lain kondisi lambung dapat dikembalikan seperti semula serta mempunyai resiko rendah terhadap kekurangan vitamin dan mineral jika dibandingkan dengan prosedur lain.

Sleeve Gastrectomy (SV)

Sleeve Gastrectomy merupakan salah satu prosedur yang dilakukan untuk memanipulasi lambung. Melalui metode ini, ukuran lambung menjadi lebih kecil sehingga menyerupai pisang. Tujuan dari manipulasi ini adalah untuk membatasi jumlah makanan yang masuk ke lambung. Prosedur SV juga dapat mempengaruhi hormone yang ada di dalam usus sehingga menekan nafsu makan.

Efektivitas metode SV dapat mencapai 50 persen. Keunggulan yang bisa didapatkan dari prosedur ini adalah tidak melibatkan benda asing di dalam tubuh sebagaimana metode pengikatan. Selain itu, cara ini juga cocok untuk Anda yang tidak ingin berlama-lama tinggal di rumah sakit pasca operasi.

Bypass lambung

Bedah obesitas yang satu ini cukup lazim ditemukan di berbagai rumah sakit. Hal ini dikarenakan metode bypass sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Prosedur ini melibatkan pemotongan lambung bagian atas sehingga membentuk kantong kecil. Kantong tersebut kemudian disambungkan dengan usus halus sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama.

Efektivitas bypass lambung mencapai 60 hingga 80 persen dengan membatasi jumlah makanan yang masuk ke dalam lambung. Selain itu, metode ini juga dapat mempengaruhi hormon dalam usus sehingga menekan nafsu makan serta memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Operasi bypass lambung juga dapat meningkatkan pengeluaran energi.

Biliopancreatic Diversion with Duodenal Switch (BPD/DS)

Dikenal juga dengan metode kombinasi, prosedur yang dilakukan adalah dengan cara mengurangi beberapa organ perut serta melakukan bypass pada usus halus. Cara ini cukup rumit dan jarang dilakukan, namun mempunyai efektivitas yang cukup tinggi yaitu sekitar 60 hingga 70 persen.

BPD/DS mempunyai beberapa keunggulan, di antaranya adalah memungkinkan Anda untuk makan secara normal, mengurangi penyerapan lemak hingga 70 persen, serta efektif untuk mengatasi diabetes dibandingkan dengan metode lain.

Persiapan Pra Operasi Bariatrik

Pembedahan operasi bariatrik merupakan prosedur yang cukup rumit untuk dilakukan. Oleh karena itu, Anda harus melakukan berbagai persiapan untuk mengurangi resiko dari tindakan medis yang satu ini. Berikut ini beberapa persiapan yang dapat dilakukan bagi Anda yang berencana untuk melakukan operasi lambung bariatrik:

Konsultasi

Sebelum menjalani operasi, tentu Anda harus berkonsultasi dengan dokter. Tenaga medis akan memeriksa kondisi Anda dan menyarankan prosedur yang tepat untuk dijalani. Dokter juga akan memberitahukan mengenai hal-hal yang harus dilakukan pasca operasi, termasuk pola diet, efek samping dan penanganannya, serta edukasi resiko yang mungkin ditimbulkan.

Cek kesehatan

Sebelum melakukan pembedahan, Anda juga harus melakukan pemeriksaan kesehatan yang meliputi fungsi paru serta tes sindrom sleep apnea. Hal ini bertujuan agar tenaga medis dapat memastikan kondisi organ tubuh sebelum menjalani operasi.

Pemeriksaan kelainan metabolik

Persiapan lain yang perlu dilakukan adalah pemeriksaan kelainan metabolik. Tidak hanya itu, petugas medis juga akan memeriksa TSH, lipid darah dan endokrin.

Diet khusus

Anda juga diharuskan melakukan diet khusus sebelum menjalani pembedahan operasi bariatrik. Jumlah vitamin dalam tubuh juga akan diukur sehingga Anda harus mendapatkan asupan vitamin tertentu apabila jumlahnya kurang. Selain itu, ada beberapa makanan yang harus dihindari sama sekali seperti makanan mengandung gula, makanan tinggi lemak, alkohol, dan makanan berminyak.

Rekomendasi Tempat Pembedahan Bariatrik

Bariatrics surgery bukanlah prosedur pembedahan mudah yang dapat dilakukan di sembarang rumah sakit. Diperlukan tenaga khusus serta dokter spesialis yang menangani proses operasi sehingga pembedahan dapat berjalan lancar dengan resiko minimal. Meskipun demikian, kini mulai bermunculan pusat layanan kesehatan yang menawarkan operasi ini dengan tujuan menurunkan berat badan.

Bagi Anda yang berencana untuk menjalani operasi lambung bariatrik, sebaiknya pilih rumah sakit yang benar-benar telah berpengalaman dengan tenaga profesional untuk melakukan operasi tersebut. Tentunya Anda tidak mau menjadi pasien percobaan, bukan?

Digestihealth Bariatrics menawarkan solusi bagi Anda yang ingin melakukan operasi lambung secara aman dan ditangani oleh tenaga profesional. Dr Peter Ian Limas merupakan dokter spesialis bedah yang akan menangani Anda serta memberikan edukasi seputar operasi yang satu ini. Dengan lima tahun pengalaman dalam bidang bedah, Anda berada di tangan yang tepat.

Digestihealth Bariatrics menghadirkan tiga prosedur operasi, antara lain gastric bypass, mini gastric bypass, dan sleeve gastrectomy. Masing-masing metode mempunyai karakteristik tersendiri sehingga Anda membutuhkan konsultasi terlebih dahulu untuk mengetahui metode yang tepat sesuai dengan kondisi tubuh.

Tidak perlu khawatir jika Anda mempunyai segudang kesibukan dan tidak sempat berkunjung. Layanan konsultasi dr Peter Ian Limas siap untuk membantu menghadirkan informasi valid dan dapat dipertanggungjawabkan melalui media sosial WhatsApp. Anda dapat menanyakan berbagai hal seputar obesitas dan bariatrik yang ingin dilakukan.

Percayakan kesehatan Anda pada Digestihealth Bariatrics Rumah Sakit Sumber Waras. Ditangani oleh tenaga spesialis yang telah berpengalaman, operasi bariatrik tidak lagi menjadi momok menakutkan bagi Anda. Dapatkan tubuh sehat dengan berat badan ideal melalui prosedur operasi bariatrik. Kunjungi website bedahobesitas.id untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

WhatsApp chat