Dokter Spesialis Bedah (Bedah Bariatrik / Bedah Obesitas)
HOTLINE dr Peter
0812-1067-435
Email
DIGESTIHEALTH@GMAIL.COM

Operasi Bypass, Solusi Langsing Cepat dan Efektif

Operasi Bypass. Mempunyai tubuh langsing dan ideal adalah dambaan setiap orang, terutama kaum hawa. Berbagai cara dilakukan untuk memperoleh bentuk tubuh impian. Selain melakukan diet ketat, salah satu cara yang dianggap cukup ekstrim untuk memperoleh tubuh langsing ideal adalah dengan operasi bypass. Apa yang dimaksud dengan bedah bypass? Mengapa cara ini dianggap efektif untuk mendapatkan tubuh ideal?

Operasi Bypass. Mempunyai tubuh langsing dan ideal adalah dambaan setiap orang, terutama kaum hawa. Berbagai cara dilakukan untuk memperoleh bentuk tubuh impian. Selain melakukan diet ketat, salah satu cara yang dianggap cukup ekstrim untuk memperoleh tubuh langsing ideal adalah dengan operasi bypass. Apa yang dimaksud dengan bedah bypass? Mengapa cara ini dianggap efektif untuk mendapatkan tubuh ideal?

Pada dasarnya, bypass lambung merupakan salah satu prosedur operasi bariatrik. Melalui proses rekayasa tersebut, Anda bisa menurunkan berat badan secara cepat dan efektif karena lambung terhubung secara langsung dengan usus kecil. Dampak yang ditimbulkan adalah Anda merasa lebih cepat kenyang serta nutrisi yang terserap oleh tubuh menjadi lebih sedikit.

Keunggulan Operasi Bypass Lambung

Operasi Bypass lambung merupakan salah satu prosedur bedah bariatrik yang menawarkan berbagai keunggulan, terutama untuk mengatasi permasalahan obesitas dan penurunan berat badan. Dibandingkan dengan prosedur lain, operasi ini cukup banyak ditawarkan di berbagai klinik. Terlepas dari prosedur rumit yang harus dijalani, tingkat keberhasilan tinggi membuatnya semakin menjanjikan untuk memiliki tubuh ideal.

Bagi Anda yang berniat untuk melakukan bypass lambung, berikut ini berbagai keunggulan yang perlu Anda ketahui:

1. Hasil signifikan

Terkait hasil yang ditawarkan, bypass lambung cukup efektif untuk menurunkan berat badan secara signifikan. Persentase penurunan berat badan bahkan mencapai 60 hingga 80 persen dari kelebihan berat badan. Fakta ini pastinya cukup menggiurkan bagi para penderita obesitas atau siapapun yang ingin terlihat lebih langsing. Meskipun demikian, hasil berbeda-beda pada setiap individu.

2. Membatasi jumlah asupan makanan

Cara kerja bypass lambung adalah dengan mengikat bagian atas lambung hingga membentuk kantong, kemudian menghubungkannya ke usus kecil. Hal ini secara otomatis mengurangi volume makanan yang dapat ditampung oleh lambung. Dampak yang paling signifikan adalah Anda menjadi cepat kenyang serta jumlah asupan makanan berkurang secara drastis.

3. Mengubah hormon

Salah satu perubahan yang bisa Anda dapatkan melalui prosedur bedah obesitas ini berkaitan dengan hormon. Setelah menjalani operasi, kemungkinan hormon dalam usus akan berubah sehingga mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang. Dengan demikian, Anda tidak mempunyai nafsu untuk mengkonsumsi makanan karena tetap merasa kenyang meskipun hanya mengkonsumsi sedikit makanan.

 4. Meningkatkan pengeluaran energi

Salah satu efek samping bypass lambung adalah meningkatnya pengeluaran energi. Dengan peningkatan dalam hal pengeluaran energi, maka tubuh menjadi lebih mudah untuk membakar kalori yang diasup oleh tubuh. Tentu saja proses ini memungkinkan tubuh untuk mengurangi timbunan kalori dan mencegah timbulnya cadangan lemak.

Manfaat dan Resiko Operasi Bypass

Opearsi bypass lambung dikenal sebagai standar dalam operasi bariatrik. Bukan tanpa alasan, gastric bypass mempunyai tingkat efektivitas yang tinggi yaitu hingga 80 persen. Tidak heran jika banyak yang memilih cara ini dibandingkan dengan prosedur lain yang hanya menawarkan tingkat efektivitas hingga 50 persen.

Operasi Bypass lambung dilakukan dengan cara membuat kantong kecil pada lambung kemudian membuat jalur menuju usus kecil. Dengan cara tersebut, Anda bisa merasa lebih cepat kenyang serta kalori yang diserap oleh tubuh menjadi lebih sedikit. Hal inilah yang membuat bypass lambung sangat efektif untuk menurunkan berat badan secara cepat dan signifikan.

Bagi para penderita obesitas, operasi ini juga direkomendasikan. Bedah bypass bertujuan untuk membantu kondisi penderita agar lebih baik, bahkan sembuh total dari obesitas serta mempunyai berat badan yang ideal. Terdapat beberapa kondisi medis yang dapat diatasi menggunakan bedah bypass, seperti diabetes mellitus, tekanan darah tinggi, sleep apnea, hingga artritis.

Meskipun demikian, prosedur pembedahan ini bukan tanpa resiko. Beberapa pasien dan penderita obesitas yang menjalani bedah bypass cukup rentan terhadap beberapa resiko berikut ini:

  • Luka pada usus dan lambung serta organ dalam lain yang diakibatkan oleh proses operasi.
  • Kantong buatan dapat mengalami kebocoran.
  • Muntah setelah makan, yang disebabkan oleh ukuran kantong lambung yang tidak memungkinkan untuk menampung makanan.
  • Kekurangan gizi karena nutrisi yang diasup oleh tubuh berkurang secara drastis.
  • Dumping syndrome, yaitu sebuah kondisi di mana pasien mengalami mual, diare, dan refluks asam lambung.

Untuk Siapa Bypass Lambung?

Meskipun hasil yang ditawarkan terdengar menggiurkan, tidak semua orang diperbolehkan menjalani bariatrics surgery. Terdapat kriteria khusus mengenai siapa saja yang boleh melakukan bypass lambung. Salah satu persyaratan yang perlu diperhatikan adalah jumlah BMI.

Meskipun hasil yang ditawarkan terdengar menggiurkan, tidak semua orang diperbolehkan menjalani bariatrics surgery. Terdapat kriteria khusus mengenai siapa saja yang boleh melakukan bypass lambung. Salah satu persyaratan yang perlu diperhatikan adalah jumlah BMI.

Bagi calon pasien Operasi bypass lambung, BMI atau Indeks Masa Tubuh harus sama dengan atau lebih dari 40. Namun bagi orang dengan kondisi tertentu yang membutuhkan penurunan badan seperti diabetes mellitus atau darah tinggi, BMI yang ditetapkan adalah 35 atau lebih. Kriteria ini menjadi tolok ukur bahwa seseorang benar-benar membutuhkan penanganan khusus untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, bypass lambung merupakan jalan akhir untuk mengatasi obesitas. Calon pasien harus benar-benar telah melakukan diet dan berbagai macam olahraga, namun tidak berhasil mengurangi berat badan secara signifikan. Calon pasien dengan kriteria tersebut diperbolehkan untuk melakukan operasi lambung.

Perlu diketahui bahwa bypass lambung dapat menurunkan berat badan secara cepat dan efektif, namun tidak menjamin Anda akan mendapatkan tubuh langsing dalam waktu lama. Hal ini juga dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah pola makan dan gaya hidup. Anda diharuskan mampu mengontrol pola makan sehingga tubuh mendapat asupan makanan yang cukup dan bergizi.

Dimana Harus Menjalani Bedah Bypass?

Saat ini bypass lambung telah dapat dilakukan di berbagai klinik maupun rumah sakit. Karena banyaknya pilihan, Anda perlu benar-benar selektif dalam memilih tempat yang tepat untuk menjalani proses bedah lambung tersebut. Hal ini berdampak pada hasil yang didapatkan pasca operasi, dan tentu saja proses pembedahan yang lancar tanpa kendala.

Salah satu rekomendasi tempat yang tepat untuk melakukan operasi bedah lambung adalah Digestihealth Bariatrics. Di sana, Anda dapat memilih tiga prosedur operasi bariatrik, yaitu bypass lambung, mini bypass lambung, serta sleeve gastrectomy. Mengapa harus memilih tempat ini untuk melakukan operasi? Berikut beberapa alasan yang perlu Anda ketahui:

Dokter spesialis bedah profesional

Dr Peter merupakan spesialis bedah yang menangani operasi bariatrik atau operasi obesitas. Dengan pengalaman yang mencukupi, semua tindakan dilakukan berdasarkan perhitungan yang matang, termasuk mempertimbangkan kondisi pasien. Hal ini tentu saja dapat meminimalisir resiko yang mungkin terjadi baik selama proses operasi maupun pasca operasi.

Layanan konsultasi via WA

Bagi Anda yang berencana untuk melakukan operasi namun tidak mempunyai waktu luang, layanan konsultasi via WA dengan dr Peter Ian Limas menjadi solusi tepat yang membantu Anda dalam mengambil keputusan. Melalui konsultasi tersebut, Anda bisa mengetahui prosedur mana yang paling baik untuk dilakukan sesuai dengan kondisi tubuh.

Operasi bypass merupakan jalan akhir untuk menyingkirkan obesitas dari hidup Anda. Jangan korbankan diri dan kesehatan Anda, pilih tempat yang tepat untuk menjalani bypass lambung. Kunjungi situs bedahobesitas.id, temukan berbagai informasi penting dan menarik mengenai operasi bariatrik untuk mengubah hidup Anda.

Leave a Reply

WhatsApp chat