Dokter Spesialis Bedah (Bedah Bariatrik / Bedah Obesitas)
HOTLINE dr Peter
0812-1067-435
Email
DIGESTIHEALTH@GMAIL.COM

Operasi Lambung: Pengertian dan Solusi Bedah Aman dan Terpercaya

Operasi Lambung. Mendengar istilah operasi lambung, Anda pasti mengaitkannya dengan berbagai jenis penyakit seperti lambung bocor, kanker lambung, dan berbagai gangguan kesehatan lainnya. Namun kini bedah lambung tidak hanya dilakukan untuk mengatasi penyakit tetapi juga bagian dari prosedur penurunan berat badan. Cara ini menjadi pilihan sebagian orang yang mengalami obesitas dan merasa berat untuk melakukan diet.

Bedah lambung meliputi berbagai prosedur sehingga dapat menurunkan berat badan secara cepat dan efektif. Terdapat beberapa jenis operasi yang dapat dilakukan, baik pengecilan ukuran perut hingga pengangkatan bagian tertentu pada perut. Alhasil, nutrisi yang diserap oleh tubuh dapat dikurangi sehingga memungkinkan penurunan berat badan.

Apa Itu Operasi Lambung Bariatrik?

Secara garis besar, bariatrik merupakan prosedur operasi lambung yang biasanya dilakukan oleh penderita obesitas. Operasi ini bertujuan untuk menurunkan berat badan dengan cara mengurangi ukuran perut dengan cara diikat atau dengan cara menghilangkan bagian tertentu pada usus. Cara lain yang juga dapat digunakan dalam operasi bariatrik adalah mengubah jalur usus kecil menuju kantong perut.

Prosedur yang berbeda mempunyai cara kerja yang berbeda untuk menurunkan berat badan. Sebagai contoh, pengikatan lambung pada operasi lambung memungkinkan penderita obesitas untuk mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi. Dengan kata lain, lambung akan merasa cepat kenyang meskipun hanya mengkonsumsi sedikit makanan. Cara ini cukup efektif untuk mengurangi berat badan secara cepat.

Meskipun dipandang efektif untuk menurunkan berat tubuh, bedah obesitas tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Selain itu, prosedur pembedahan ini juga tidak dapat dilakukan oleh setiap orang karena terdapat beberapa kriteria khusus yang membolehkan seseorang melakukan prosedur operasi bariatrik. Hal ini dikarenakan pembedahan ini menimbulkan efek samping yang tidak dapat disepelekan.

Operasi bariatrik hanya dapat dilakukan oleh para penderita obesitas yang telah mencoba diet dan berbagai macam olahraga untuk menurunkan berat badan namun tidak berhasil. Selain itu, operasi ini juga hanya boleh dilakukan apabila BMI yang dimiliki sama dengan atau lebih dari 40. Penderita obesitas dengan BMI 35 juga dapat melakukan prosedur ini, dengan catatan mempunyai masalah kesehatan serius.

Jenis-Jenis Operasi Lambung Bariatrik

Pembedahan atau operasi lambung untuk menurunkan berat badan terbagi menjadi beberapa tipe. Setiap jenis operasi mempunyai prosedur, kelebihan, dan kekurangan masing-masing. Bagi Anda yang tertarik dan layak untuk menjalani operasi bariatrik, simak penjelasan berikut ini mengenai tipe pembedahan bariatrik beserta kelebihan dan kekurangannya.

  1. Bypass lambung
operasi lambung bedah bariatrik

Bypass lambung merupakan prosedur bedah bariatrik yang dikenal sebagai standar untuk operasi penurunan berat badan. Terdapat dua komponen dalam prosedur pembedahan yang satu ini. Pertama, operasi melibatkan cara yang cukup rumit untuk membuat kantong perut kecil berukuran 30 mm. Kantong tersebut dibuat dengan cara membagi lambung dan usus kecil.

Sebagian usus kecil kemudian dibawa naik dan dihubungkan dengan kantong kecil tersebut. Melalui prosedur ini, asam lambung dan enzim pencernaan tetap dapat bercampur dengan makanan yang dikonsumsi sehingga dapat dicerna dengan baik. Nutrisi makanan juga tetap dapat terserap oleh tubuh.

Kelebihan:

  • Mengurangi berat badan secara signifikan, bahkan hingga 80 persen.
  • Mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi karena lambung terasa cepat penuh.
  • Memungkinkan tubuh untuk mengeluarkan energi lebih banyak sehingga membuat diet menjadi lebih efektif.

Kekurangan:

  • Melibatkan mekanisme yang rumit dengan tingkat kompleksitas tinggi.
  • Mungkin menyebabkan kekurangan vitamin dan mineral dalam jangka waktu lama.
  • Proses penyembuhan lebih lama.

2. Laparoscopic Sleeve Gastrectomy (LSG)

operasi lambung bedah bariatrik

LSG merupakan prosedur bariatrics surgery yang dilakukan dengan cara mengurangi sekitar 80 persen dari bagian lambung. Lambung yang tersisa menyerupai bentuk pisang dengan ukuran kecil sehingga mengurangi jumlah makanan yang dapat ditampung. LSG dipandang sebagai prosedur yang efektif untuk menurunkan berat badan secara cepat.

Mekanisme dari LSG pada operasi lambung adalah pembuatan kantong lambung yang berukuran lebih kecil memungkinkan volume makanan yang masuk menjadi lebih kecil sehingga asupan nutrisi juga berkurang. Dampak terbesar dari prosedur ini adalah perubahan hormon yang mempengaruhi rasa lapar, rasa kenyang, hingga gula darah.

Kelebihan:

  • Mengurangi volume makanan yang dapat ditampung.
  • Menurunkan berat badan secara cepat dan signifikan.
  • Tidak melibatkan objek asing di dalam perut.

Kekurangan:

  • Bentuk lambung tidak dapat dikembalikan seperti semula.
  • Mungkin menyebabkan kekurangan vitamin dalam jangka waktu lama.
  • Mempunyai tingkat komplikasi yang lebih tinggi.

3. Adjustable Gastric Band (AGB)

operasi lambung bedah bariatrik

AGB merupakan prosedur operasi bariatrik operasi lambung yang melibatkan pita pengikat yang diletakkan pada bagian atas lambung. Pita tersebut dapat mengembang sehingga membentuk kantong lambung. Cara kerja dari operasi ini adalah membuat perut merasa kenyang meskipun hanya mengkonsumsi sedikit makanan. Ukuran kantong lambung dapat disesuaikan dengan pita yang digunakan.

Meskipun diikat menggunakan pita, makanan tetap dapat memasuki lambung bagian bawah. Ukuran lambung dapat pula disesuaikan dengan cara mengisi pita dengan cairan garam steril. Dengan prosedur ini, rasa lapar dapat dikurangi sehingga perut merasa kenyang lebih lama.

Kelebihan:

  • Mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi.
  • Menurunkan berat badan secara efektif hingga 50 persen.
  • Tidak melibatkan pemotongan lambung atau perubahan jalur usus.

Kekurangan:

  • Penurunan badan mungkin lebih lama dibandingkan dengan bypass lambung atau LSG.
  • Memasukkan benda asing ke dalam tubuh, yaitu pita pengikat.
  • Pita pengikat dapat menimbulkan masalah, seperti selip atau terkikis.

4. Biliopancreatic Diversion with Duodenal Switch (BPD/DS)

operasi lambung bedah bariatrik
Anterior view of stomach showing biliopancreatic diversion with duodenal switch. Arrows show path of food and digestive fluids. SOURCE: Original art. Used in 9B12107

Prosedur terakhir yang dilakukan untuk mengurangi berat badan melalui operasi lambung adalah BPD/DS. Cara ini dilakukan menggunakan dua komponen, yaitu membuat kantong lambung serta melakukan bypass pada usus kecil. BPD/DS terkenal dengan kerumitan yang tinggi serta tingginya resiko yang harus dihadapi oleh penderita obesitas.

Kelebihan:

  • Hasil yang paling signifikan dibandingkan prosedur lainnya karena mencapai 70 persen.
  • Memungkinkan penderita untuk makan secara normal.
  • Menimbulkan perubahan hormone untuk mengurangi nafsu makan.

Kekurangan

  • Mempunyai resiko paling tinggi, bahkan dapat menyebabkan kematian.
  • Membutuhkan perawatan lebih.
  • Menyebabkan kekurangan vitamin dan mineral.

Solusi Bedah atau Operasi Lambung dengan Aman

Anda tertarik untuk mengatasi permasalahan obesitas dengan prosedur bedah lambung atau operasi lambung? Tentu Anda tidak dapat melakukannya di sembarang klinik. Diperlukan penanganan khusus oleh tenaga profesional agar pembedahan dapat dilakukan secara aman dengan resiko minimal. Kami memiliki solusi tepat bagi Anda yang ingin melakukan operasi bariatrik.

Kami melayani prosedur bedah lambung bariatrik untuk menurunkan berat badan seperti bypass lampung, mini bypass lambung, serta sleeve gastrectomy. Anda dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dr. Peter Ian Limas, seorang dokter spesialis bedah yang telah berpengalaman dalam bidang operasi bariatrik untuk menentukan prosedur mana yang paling sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Telah banyak pasien yang membuktikan efektivitas bedah bariatrik untuk menurunkan berat badan. Kini saatnya bagi Anda untuk menjalani hidup lebih sehat dengan berat badan ideal. Segera kunjungi web bedahobesitas.id dan cari tahu lebih banyak mengenai layanan Kami dan mengenai Operasi Lambung.

Leave a Reply

WhatsApp chat