Dokter Spesialis Bedah (Bedah Bariatrik / Bedah Obesitas)
HOTLINE dr Peter
0812-1067-435
Email
DIGESTIHEALTH@GMAIL.COM

Kenali Operasi Lambung untuk Kesehatan

Operasi Lambung. Sebagian penyakit ada yang bisa ditangani dengan berbagai macam obat, terapi, bahkan operasi. Tindakan ini diambil apabila sudah tidak ada lagi obat dan aktivitas lain yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan penyakit, contohnya operasi lambung. Hal ini dilakukan apabila terjadi sesuatu yang fatal pada organ tubuh satu ini, seperti lambung bocor, kanker lambung, dan penyakit lambung lain.

Dalam setiap tindakannya, operasi pasti memiliki prosedur yang harus dilakukan sesuai standar yang ditentukan. Dalam beberapa kasus, hal ini juga dilakukan untuk menghindari penyakit yang akan datang dan bidang kesehatan lainnya seperti, menurunkan berat badan, dan juga pengangkatan bagian tertentu dalam perut untuk menurunkan berat badan yang mengurangi penyerapan nutrisi.

Operasi Lambung berkaitan dengan Bedah Obesitas

Operasi Lambung. Dalam ilmu kesehatan, terdapat sebuah tindakan operasi yang memungkinkan para penderita obesitas untuk sembuh, yaitu bariatik. Operasi ini memiliki beberapa prosedur sebelum dan sesudah melakukannya untuk menurunkan berat badan. Inti dari bariatik adalah membuang beberapa bagian yang ada di dalam perut untuk mengecilkan ukuran diameter perut pada usus di bagian tertentu saja.

Sudah pasti prosedur dan aturan yang ada pada operasi bariatik berbeda dengan jenis operasi untuk menurunkan berat badan. Salah satu manfaat dari operasi ini adalah memungkinkan para penderita obesitas berkurang jumlah makannya karena terjadi pengikatan di bagian lambung. Bisa dibilang operasi ini membuat penderita obesitas merasa cepat kenyang sehingga tidak mengkonsumsi lebih.

Walaupun begitu, operasi ini tidak bisa sembarang dilakukan walaupun terkesan sederhana dan efektif. Di dalam prosedurnya, operasi bariarik ini memiliki beberapa kriteria khusus bagi siapa saja yang ingin melakukannya sebelum mencapai kesepatakan. Karena hal yang utama dari tindakan ini akan memberikan efek samping yang tidak bisa disepelekan setelah anda menjalani operasi bariatik.

Sebagian besar operasi bariatik ini dilakukan bagi para penderita obesitas yang telah mencoba berbagai cara seperti, mengurangi jumlah makan, olahraga, dan pola hidup sehat tapi tidak berbuah hasil. Selain memiliki BMI yang telah dianjurkan, faktor usia juga mempengaruhi untuk melakukan operasi ini. Minimal 18 sampai 65 tahun, karena di bawah 18 masih memungkinkan pola hidup sehat.

Jenis – Jenis Operasi Lambung

operasi lambung bedah bariatrik

Terdapat beberapa jenis pembedahan yang dilakukan pada organ lambung untuk bisa menurunkan berat badan. Meskipun setiap operasi memiliki kelebihan, terdapat juga kekurangan dan efek sampingnya. Dalam bedah bariatik, terdapat jenis – jenis yang harus anda ketahui sebelum melakukannya baik kelebihan dan kekurangannya.

Operasi Bypass Lambung

operasi bypass lambung

Dikenal sebagai operasi yang memiliki standar ketat dalam prosedur sebelum melakukan pembedahan. Terdapat 2 hal dalam operasi bypass lambung yang harus anda ketahui, yang pertama adalah bahwa operasi ingin melibatkan beberapa tahap dan cara yang tergolong sulit untuk membuat ukuran kantung pada perut menjadi lebih kecil. Cara yang dilakukan adalah dengan membagi usus kecil dan lambung.

Pada kantung kecil tersebut akan dibawa naik yang akan menghubungkan dengan usus kecil. Sehingga dalam proses pencernaan beberapa zat penting seperti asam lambung dan enzim di pencernaan tetap bisa bercampur dengan apa yang di konsumsi secara baik. selain itu juga nutrisi makanan masih tetap bisa diserap oleh tubuh tanpa mengurangi jumlah yang terserap.

Pada jenis ini, memiliki kelebihan yang dapat mengurangi berat badan yang signifikan, yaitu bisa mencapai 70 hingga 90 persen dari sebelumnya. Selain itu juga dengan operasi bypass lambung ini dapat membuat perut anda terasa penuh karena salah satu manfaat dari pembedahan ini adalah mengurangi jumlah yang anda konsumsi. Lebih efektif karena membuat lebih mengeluarkan tenaga.

Sudah tentu setiap operasi memiliki kekurangan dibalik kelebihannya, diantaranya memiliki tingkat kerumitan yang tinggi dalam menjalankan mekanismenya sehingga melibatkan kompleksitas yang tinggi. Lalu operasi bypass pada lambung ini juga menyebabkan tubuh anda mengalami kekurangan nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti mineral dan vitamin penting dalam jangka waktu yang cukup lama.

Laparoscopic Sleeve Gastrectomy LSG)

Dalam menjalankan salah satu prosedur bariatrics surgery, hal utama yang akan anda dapatkan adalah penurunan berat badan drastis dari bagian organ lambung dengan LSG. Dalam prosedurnya mengurangi jumlah makan yang dapat ditampung sebelumnya dengan menyerupai bentuk pisang yang berukuran kecil. Dipandang sederhana, LSG merupakan cara untuk menurunkan berat badan efektif.

Laparoscopic Sleeve Gastrectomy memiliki kelebihan dapat mengurangi jumlah atau volume makanan yang dapat di tampung oleh lambung. Selain itu juga dengan LSG ini mampu menurunkan berat badan secara cepat dalam kurun waktu yang singkat. Dan dalam prosedur pembedahan berlangsung, LSG tidak melibatkan barang atau objek asing di dalam perut sehingga  operasi ini aman dilakukan.

Setelah mengetahui kelebihan, sekarang beralih ke kekurangan. Laparoscopic Sleeve Gastrectomy tidak bisa mengembalikan bentuk lambung seperti sedia kala, dalam artian lambung anda sudah dalam bentuk yang permanen. Selain itu juga pembedahan ini dapat menyebabkan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam waktu yang alam. Dan juga memiliki tingkat perubahan yang lebih tinggi.

Adjustable Gastric Band (AGB)

Operasi bariatik atau operasi lambung yang selanjutnya adalah Adjustable Gastric Band. Tindakan pembedahan ini melibatkan bagian atas lambung yang diikatkan dengan pita yang makan akan mengembang sesuai dengan bentuk kantung lambung. Operasi ini memiliki cara kerja yang membuat ukuran kantung lambung dapat disesuaikan dengan pita yang ditentukan sehingga membuat jumlah makan sedikit.

Makanan yang anda konsumsi tetap bisa masuk ke bagian lambung pada bagian bawah walaupun diikat dengan pita. Dengan cairan garam steril yang dimasukkan ke dalam pita juga membuat ukuran lambung dapat disesuaikan. Sehingga anda bisa mengurangi dan mengontrol rasa lapar atau kenyang yang dialami setelah melakukan Adjustable Gastric Band dalam kurun waktu yang cukup lama.

Adjustable Gastric Band memiliki kelebihan dapat mengurangi jumlah makan dan asupan lain yang anda konsumsi. Selain itu juga dengan melakukan pembedahan ini membuat berat badan anda turun hingga 50 sampai 60 persen. Dalam salah satu operasi bariatik ini juga tidak melibatkan objek lain apalagi melakukan pemotongan lambung dalam jalur di bagian usus.

Cara Aman Bedah Lambung

Apa anda ingin mencoba cara ini untuk menangani permasalahan obesitas? Tentu operasi bariatik tidak bisa dilakukan pada sembarangan tempat. Agar mampu meminimalisir resiko yang terjadi diperlukan tenaga khusus dan profesional untuk melakukan penanganan pada pembedahan. Bagi anda yang sudah memutuskan untuk melakukan ini, kami dapat membantu anda.

Untuk menurunkan berat badan anda bisa berkonsultasi dengan dr. Peter Ian Limas yang merupakan seorang profesional di bidang bedah. Sampai saat ini telah banyak orang yang melakukan operasi lambung dan membuktikan cara kerja dan hasil yang didapat. Cari tahu banyak informasi mengenai kami dengan mengunjungi bedahobesitas.id untuk menjalani hidup yang lebih sehat.

Leave a Reply

WhatsApp chat