Dokter Spesialis Bedah (Bedah Bariatrik / Bedah Obesitas)
HOTLINE dr Peter
0812-1067-435
Email
DIGESTIHEALTH@GMAIL.COM

Seberapa berbahaya Bypass Lambung Bagi Tubuh?

MINI GASTRIC BYPASS
MINI GASTRIC BYPASS

Operasi lambung bukan lagi menjadi hal yang asing bagi sebagian orang yang ingin mendapatkan berat tubuh yang ideal. Biasa disebut bedah bariatik, dimana terjadi manipulasi organ pencernaan yang mampu menurunkan berat badan dalam skala yang lebih besar. Banyak metode yang biasa dilakukan menurunkan berat badan, salah satunya bypass lambung yang sudah banyak dilakukan.

Tergolong cukup lazim dilakukan, karena operasi yang biasa dikenal ini gastric bypass ini sudah di rekomendasikan oleh banyak dokter spesialis bedah. Selain itu juga operasi semacam ini sudah dilakukan di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Pada tahap prosesnya, pembedahan ini tidak melibatkan benda atau objek asing yang sekiranya mampu membahayakan organ tubuh di dalamnya.

Pengertian Bypass Lambung

Dikenal sebagai operasi yang memiliki standar ketat dalam prosedur sebelum melakukan pembedahan. Terdapat 2 hal dalam operasi bypass lambung yang harus anda ketahui, yang pertama adalah bahwa operasi ingin melibatkan beberapa tahap dan cara yang tergolong sulit untuk membuat ukuran kantung pada perut menjadi lebih kecil. Cara yang dilakukan adalah dengan membagi usus kecil dan lambung.

Pada kantung kecil tersebut akan dibawa naik yang akan menghubungkan dengan usus kecil. Sehingga dalam proses pencernaan beberapa zat penting seperti asam lambung dan enzim di pencernaan tetap bisa bercampur dengan apa yang di konsumsi secara baik. selain itu juga nutrisi makanan masih tetap bisa diserap oleh tubuh tanpa mengurangi jumlah yang terserap.

Pada jenis ini, memiliki kelebihan yang dapat mengurangi berat badan yang signifikan, yaitu bisa mencapai 70 hingga 90 persen dari sebelumnya. Selain itu juga dengan operasi bypass lambung ini dapat membuat perut anda terasa penuh karena salah satu manfaat dari pembedahan ini adalah mengurangi jumlah yang anda konsumsi. Lebih efektif karena membuat lebih mengeluarkan tenaga.

Sudah tentu setiap operasi memiliki kekurangan dibalik kelebihannya, diantaranya memiliki tingkat kerumitan yang tinggi dalam menjalankan mekanismenya sehingga melibatkan kompleksitas yang tinggi. Lalu operasi bypass pada lambung ini juga menyebabkan tubuh anda mengalami kekurangan nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti mineral dan vitamin penting dalam jangka waktu yang cukup lama.

Alasan Memilih Operasi Lambung

Persentase keberhasilan tinggi

Metode gastric bypass memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dibanding metode bedah obesitas lainnya. Dengan prosedur yang ditawarkan, anda bisa menurunkan berat badan mencapai 80 persen dari berat badan sebelumnya. Ini merupakan sebuah jumlah yang besar untuk menghindari berbagai macam jenis penyakit, khususnya penyakit kronis yang akan mengancam kesehatan pada tubuh anda.

Selain itu juga metode ini sudah banyak dilakukan oleh banyak orang di berbagai negara dan terbukti ampuh.

Jumlah asupan berkurang signifikan

Selain terbukti ampuh di sebagian besar orang, gastric bypass juga mampu mengurangi jumlah makanan dan minuman yang di konsumsi lalu masuk ke dalam lambung. Sehingga anda akan dengan mudah mendapatkan rasa kenyang dalam jangka waktu yang lama. Selain membuat anda cepat kenyang, dengan cara ini juga bisa membuat porsi makanan yang anda konsumsi berkurang drastis.

Setelah cara ini berhasil, anda bisa melakukan pola hidup yang sehat supaya tetap terhindar dari berbagai penyakit yang akan mengancam kesehatan tubuh.

Lebih besar energi yang dikeluarkan

Tidak hanya mengurangi jumlah makanan yang di konsumsi, gastric bypass juga bisa membuat energi yang dikeluarkan lebih besar. Hal ini di karenakan proses pencernaan yang lebih singkat sehingga kalori yang masuk ke dalam tubuh pun tidak begitu banyak. Dengan begitu, kalori yang ada dalam tubuh bisa anda konversikan menjadi otot dengan sedikit tambahan protein.

Hormon lebih berpengaruh

Prosedur operasi ini akan menimbulkan perubahan hormon yang cepat sehingga akan mengurangi nafsu makan. Selain itu juga anda akan merasa cukup kenyang dalam jangka waktu yang lama dengan mengikuti program pembedahan ini. Sehingga akan mengurangi berat badan dalam skala yang besar dan juga membatasi makanan yang masuk ke dalam tubuh anda.

Metode Selain Pembedahan Lambung

Laparoscopic Sleeve Gastrectomy LSG)

Dalam menjalankan salah satu prosedur bariatrics surgery, hal utama yang akan anda dapatkan adalah penurunan berat badan drastis dari bagian organ lambung dengan LSG. Dalam prosedurnya mengurangi jumlah makan yang dapat ditampung sebelumnya dengan menyerupai bentuk pisang yang berukuran kecil. Dipandang sederhana, LSG merupakan cara untuk menurunkan berat badan efektif.

Laparoscopic Sleeve Gastrectomy memiliki kelebihan dapat mengurangi jumlah atau volume makanan yang dapat di tampung oleh lambung. Selain itu juga dengan LSG ini mampu menurunkan berat badan secara cepat dalam kurun waktu yang singkat. Dan dalam prosedur pembedahan berlangsung, LSG tidak melibatkan barang atau objek asing di dalam perut sehingga  operasi ini aman dilakukan.

Setelah mengetahui kelebihan, sekarang beralih ke kekurangan. Laparoscopic Sleeve Gastrectomy tidak bisa mengembalikan bentuk lambung seperti sedia kala, dalam artian lambung anda sudah dalam bentuk yang permanen. Selain itu juga pembedahan ini dapat menyebabkan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam waktu yang alam. Dan juga memiliki tingkat perubahan yang lebih tinggi.

Adjustable Gastric Band (AGB)

Operasi bariatik yang selanjutnya adalah Adjustable Gastric Band. Tindakan pembedahan ini melibatkan bagian atas lambung yang diikatkan dengan pita yang makan akan mengembang sesuai dengan bentuk kantung lambung. Operasi ini memiliki cara kerja yang membuat ukuran kantung lambung dapat disesuaikan dengan pita yang ditentukan sehingga membuat jumlah makan sedikit.

Makanan yang anda konsumsi tetap bisa masuk ke bagian lambung pada bagian bawah walaupun diikat dengan pita. Dengan cairan garam steril yang dimasukkan ke dalam pita juga membuat ukuran lambung dapat disesuaikan. Sehingga anda bisa mengurangi dan mengontrol rasa lapar atau kenyang yang dialami setelah melakukan Adjustable Gastric Band dalam kurun waktu yang cukup lama.

Adjustable Gastric Band memiliki kelebihan dapat mengurangi jumlah makan dan asupan lain yang anda konsumsi. Selain itu juga dengan melakukan pembedahan ini membuat berat badan anda turun hingga 50 sampai 60 persen. Dalam salah satu operasi bariatik ini juga tidak melibatkan objek lain apalagi melakukan pemotongan lambung dalam jalur di bagian usus.

Tentu operasi bariatik tidak bisa dilakukan pada sembarangan tempat. Agar mampu meminimalisir resiko yang terjadi diperlukan tenaga khusus dan profesional untuk melakukan penanganan pada pembedahan. Bagi anda yang sudah memutuskan untuk melakukan ini, kami dapat membantu anda. Itu juga anda bisa mendapatkan kontak para dokter dengan mudah untuk melakukan konsultasi

Untuk menurunkan berat badan anda bisa berkonsultasi dengan dr. Peter Ian Limas yang merupakan seorang profesional di bidang bedah. Sampai saat ini telah banyak orang yang membuktikan cara kerja dan hasil yang didapat dari bypass lambung. Cari tahu banyak informasi mengenai kami dengan mengunjungi bedahobesitas.id untuk menjalani hidup yang lebih sehat.

Leave a Reply

WhatsApp chat