Dokter Spesialis Bedah (Bedah Bariatrik / Bedah Obesitas)
HOTLINE dr Peter
0812-1067-435
Email
DIGESTIHEALTH@GMAIL.COM

Bedah Bariatrik Menjadi Cara yang Efektif untuk Menurunkan Berat Badan

Bedah Bariatrik. Obesitas dapat disebabkan karena gaya makan yang tidak sehat dan teratur ditambah dengan pola makan yang tidak teratur. Tentu saja akan mengancam kesehatan anda apabila memiliki berat badan tubuh yang melebihi batas wajar. Selain mengundang penyakit lain, obesitas juga bisa menyebabkan nyawa terancam. Bedah bariatrik bisa menjadi solusi apabila cara lain dirasa tidak berhasil pada anda.

Memiliki tujuan untuk menurunkan berat badan, pembedahan ini juga memiliki prosedur dan juga memanipulasi organ pada bagian pencernaan. Pada bedah bariatrik, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan seperti, pembatasan ruang pada lambung, bypass di bagian lambung, atau memadukan keduanya. Jika diimbangi dengan pola hidup yang sehat, cara ini bisa menjadi lebih efektif tentunya.

Operasi Bariatrik dan juga jenisnya

operasi bariatrik bedah bariatrik

Laparoscopic Sleeve Gastrectomy LSG)

Dalam menjalankan salah satu prosedur bariatrics surgery, hal utama yang akan anda dapatkan adalah penurunan berat badan drastis dari bagian organ lambung dengan LSG. Dalam prosedurnya mengurangi jumlah makan yang dapat ditampung sebelumnya dengan menyerupai bentuk pisang yang berukuran kecil. Dipandang sederhana, LSG merupakan cara untuk menurunkan berat badan efektif.

Laparoscopic Sleeve Gastrectomy salah satu prosedur bedah bariatrik memiliki kelebihan dapat mengurangi jumlah atau volume makanan yang dapat di tampung oleh lambung. Selain itu juga dengan LSG ini mampu menurunkan berat badan secara cepat dalam kurun waktu yang singkat. Dan dalam prosedur pembedahan berlangsung, LSG tidak melibatkan barang atau objek asing di dalam perut sehingga  operasi ini aman dilakukan.

Setelah mengetahui kelebihan, sekarang beralih ke kekurangan. Laparoscopic Sleeve Gastrectomy tidak bisa mengembalikan bentuk lambung seperti sedia kala, dalam artian lambung anda sudah dalam bentuk yang permanen. Selain itu juga pembedahan ini dapat menyebabkan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam waktu yang alam. Dan juga memiliki tingkat perubahan yang lebih tinggi.

Adjustable Gastric Band (AGB)

Operasi bariatik atau bedah bariatrik yang selanjutnya adalah Adjustable Gastric Band. Tindakan pembedahan ini melibatkan bagian atas lambung yang diikatkan dengan pita yang makan akan mengembang sesuai dengan bentuk kantung lambung. Operasi ini memiliki cara kerja yang membuat ukuran kantung lambung dapat disesuaikan dengan pita yang ditentukan sehingga membuat jumlah makan sedikit.

Makanan yang anda konsumsi tetap bisa masuk ke bagian lambung pada bagian bawah walaupun diikat dengan pita. Dengan cairan garam steril yang dimasukkan ke dalam pita juga membuat ukuran lambung dapat disesuaikan. Sehingga anda bisa mengurangi dan mengontrol rasa lapar atau kenyang yang dialami setelah melakukan Adjustable Gastric Band dalam kurun waktu yang cukup lama.

Adjustable Gastric Band memiliki kelebihan dapat mengurangi jumlah makan dan asupan lain yang anda konsumsi. Selain itu juga dengan melakukan pembedahan ini membuat berat badan anda turun hingga 50 sampai 60 persen. Dalam salah satu operasi bariatik ini juga tidak melibatkan objek lain apalagi melakukan pemotongan lambung dalam jalur di bagian usus.

Operasi Bypass Lambung

Dikenal sebagai operasi yang memiliki standar ketat dalam prosedur sebelum melakukan pembedahan. Terdapat 2 hal dalam operasi bypass lambung yang harus anda ketahui, yang pertama adalah bahwa operasi ingin melibatkan beberapa tahap dan cara yang tergolong sulit untuk membuat ukuran kantung pada perut menjadi lebih kecil. Cara yang dilakukan adalah dengan membagi usus kecil dan lambung.

Pada kantung kecil tersebut akan dibawa naik yang akan menghubungkan dengan usus kecil. Sehingga dalam proses pencernaan beberapa zat penting seperti asam lambung dan enzim di pencernaan tetap bisa bercampur dengan apa yang di konsumsi secara baik. selain itu juga nutrisi makanan masih tetap bisa diserap oleh tubuh tanpa mengurangi jumlah yang terserap.

Pada jenis ini, memiliki kelebihan yang dapat mengurangi berat badan yang signifikan, yaitu bisa mencapai 70 hingga 90 persen dari sebelumnya. Selain itu juga dengan operasi bypass lambung ini dapat membuat perut anda terasa penuh karena salah satu manfaat dari pembedahan ini adalah mengurangi jumlah yang anda konsumsi. Lebih efektif karena membuat lebih mengeluarkan tenaga.

Sudah tentu setiap operasi memiliki kekurangan dibalik kelebihannya, diantaranya memiliki tingkat kerumitan yang tinggi dalam menjalankan mekanismenya sehingga melibatkan kompleksitas yang

Kriteria untuk Melakukan Operasi Bariatrik/Bedah Bariatrik

bypass lambung

Tidak boleh sembarangan orang yang bisa melakukan prosedur operasi ini walaupun hanya sekadar menurunkan berat badan saja. Dan anda juga tidak bisa mengajukan permohonan untuk melakukan bedah obesitas atau bedah bariatrik ini jika hanya ingin mendapatkan tubuh yang langsing dan ideal. Meskipun menurut anda acara ini efektif, jika diet dan pola hidup sehat berhasil anda dianjurkan untuk melakukan itu.

Dikarenakan bariatrik adalah prosedur besar yang mungkin menyebabkan perubahan secara besar – besar dalam hidup pasiennya. Terdapat kriteria khusus bagi siapa saja yang ingin melakukan operasi bariatrik ini. Selain siap dalam ari fisik dan mental, anda juga harus memiliki tujuan sebelum melakukannya. Selain itu anda harus pikirkan matang – matang dengan keputusan yang anda ambil.

Untuk menjalani operasi ini, anda harus memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan oleh para dokter. Salah satunya adalah memiliki IBM atau indeks kesehatan tubuh yang mencapai 40 ke atas. Tidak masalah bagi yang hanya memiliki IBM 35 sampai 39, tapi dengan catatan memiliki keterkaitan penyakit yang serius dan juga bisa memberikan dampak yang buruk bagi para penderita obesitas sebelumnya.

Masalah yang menjadi perhatian lebih untuk menjalani operasi ini antara lain tekanan darah yang tinggi atau hipertensi, diabetes melitus, dan juga sleep apnea yang sudah akut. Selanjutnya hal ini bisa anda lakukan apabila berbagai cara yang anda lakukan untuk menurunkan berat badan tidak berbuah hasil.

Dan kalau pun berhasil akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan anda. Tidak hanya orang dewasa saja, tetapi mulai dari remaja pun sudah bisa melakukan operasi ini dengan catatan memiliki IBM lebih dari 35. Dalam beberapa pengalaman para dokter, yang memiliki IMB di bawah 30 pun masih bisa melakukan operasi, tetapi juga hal tersebut karena pasien mengidap penyakit yang serius.

Tempat Bedah Bariatrik

Sudah menjadi pengetahuan bersama apabila penyakit obesitas bisa mengundang banyak penyakit lain. Untuk itu dibutuhkan sebuah rumah sakit yang berisi dokter – dokter handal untuk menanganinya. Untuk itu anda bisa mengunjungi Digestihealth Batriatics yang sudah berpengalaman lebih dari lima tahun di bidang bariatrik, dan juga memberikan anda kemudahan untuk melakukan konsultasi.

Anda bisa mendapatkan informasi seputar bedah bariatik dengan cara mengunjungi bedahobesitas.id dan juga bisa mendapatkan nomor dokternya langsung yang tertera di website resminya. Jangan sampai hal semacam ini menghambat kesehatan tubuh anda. Jika anda masih ragu untuk menemukan yang tepat, Digestihealth Batriatics bisa menjadi jalan keluar anda yang sulit menurunkan berat badan.

Leave a Reply

WhatsApp chat