Dokter Spesialis Bedah (Bedah Bariatrik / Bedah Obesitas)
HOTLINE dr Peter
0812-1067-435
Email
DIGESTIHEALTH@GMAIL.COM

Atasi Kegemukan Anda Dengan Bedah Obesitas

Atasi kegemukan dengan Bedah Obesitas. Walaupun bukan penyakit yang menular, nyatanya obesitas bisa lebih mematikan dibanding penyakit menular lainnya. Kepercayaan masyarakat yang masih menjadi kemakmuran apabila seseorang memiliki tubuh yang subur, hal semacam ini harus diatas. Karena penyakit ini tidak bisa dianggap kecil dan mampu mengundang penyakit kronis, bedah obesitas bisa menjadi solusi dalam masalah ini.

Pada tahun 2018, penderita obesitas menjadi meningkat dibanding beberapa tahun sebelumnya. Selain itu juga penderita obesitas akan membuat pengidap penyakit kronis lainnya ikut meningkat. Sehingga bisa dikatakan angka kematian akan menjadi lebih tinggi dibanding sebelumnya. Walaupun terdengar biasa saja, hal ini bisa menjadi masalah serius yang bisa dialami setiap orang di dunia.

operasi bypass lambung

Mengenal Obesitas

Salah satu untuk menjalankan operasi ini adalah obesitas. Karena hal ini bisa membuat perubahan besar bagi hidup pasien. Operasi bariatrik sangat berbeda dengan bedah kosmetik, karena bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik dari segi berat badan secara signifikan, apalagi bagi yang mengalami masalah serius, berbeda dengan bedah kosmetik untuk alasan kecantikan tubuh.

Secara general obesitas merupakan sebuah kondisi tubuh yang memiliki BMI (Body Mess Index) yang berada diangkat 30 atau lebih. Jadi, obesitas tidak hanya bagi orang yang memiliki tubuh dengan tingkat yang sangat lebar. Apabila BMI (Body Mess Index) sudah berada di atas 40, berarti anda akan membutuhkan penanganan yang cepat karena sudah masuk ke dalam kategori serius obesitas.

Salah satu dokter spesialis dari Rumah Sakit Sumber Waras, yaitu dr. Peter Ian Limas mengatakan bahwa tubuh bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik apabila proses operasi ini berjalan dengan baik. Untuk mencegah terjadinya penyakit kronis yang masuk ke dalam tubuh, bedah bariatrik juga bisa dilakukan bagi anda yang sudah mengalami berbagai cara diet namun tetap tidak berhasil.

Jenis dan Cara dari Bedah Obesitas

operasi bariatrik bedah bariatrik

Adjustable Gastric Band (AGB)

Operasi bariatik yang selanjutnya adalah Adjustable Gastric Band. Tindakan pembedahan ini melibatkan bagian atas lambung yang diikatkan dengan pita yang makan akan mengembang sesuai dengan bentuk kantung lambung. Operasi ini memiliki cara kerja yang membuat ukuran kantung lambung dapat disesuaikan dengan pita yang ditentukan sehingga membuat jumlah makan sedikit.

Makanan yang anda konsumsi tetap bisa masuk ke bagian lambung pada bagian bawah walaupun diikat dengan pita. Dengan cairan garam steril yang dimasukkan ke dalam pita juga membuat ukuran lambung dapat disesuaikan. Sehingga anda bisa mengurangi dan mengontrol rasa lapar atau kenyang yang dialami setelah melakukan Adjustable Gastric Band dalam kurun waktu yang cukup lama.

Adjustable Gastric Band memiliki kelebihan dapat mengurangi jumlah makan dan asupan lain yang anda konsumsi. Selain itu juga dengan melakukan pembedahan ini membuat berat badan anda turun hingga 50 sampai 60 persen. Dalam salah satu operasi bariatik  atau mini bypass lambung ini juga tidak melibatkan objek lain apalagi melakukan pemotongan lambung dalam jalur di bagian usus.

Operasi Bypass Lambung

Dikenal sebagai operasi yang memiliki standar ketat dalam prosedur sebelum melakukan pembedahan. Terdapat 2 hal dalam operasi bypass lambung yang harus anda ketahui, yang pertama adalah bahwa operasi ingin melibatkan beberapa tahap dan cara yang tergolong sulit untuk membuat ukuran kantung pada perut menjadi lebih kecil. Cara yang dilakukan adalah dengan membagi usus kecil dan lambung.

Pada kantung kecil tersebut akan dibawa naik yang akan menghubungkan dengan usus kecil. Sehingga dalam proses pencernaan beberapa zat penting seperti asam lambung dan enzim di pencernaan tetap bisa bercampur dengan apa yang di konsumsi secara baik. Selain itu juga pada bedah obesitas nutrisi makanan masih tetap bisa diserap oleh tubuh tanpa mengurangi jumlah yang terserap dalam tubuh.

Pada jenis ini, memiliki kelebihan yang dapat mengurangi berat badan yang signifikan, yaitu bisa mencapai 70 hingga 90 persen dari sebelumnya. Selain itu juga dengan operasi bypass lambung ini dapat membuat perut anda terasa penuh karena salah satu manfaat dari pembedahan ini adalah mengurangi jumlah yang anda konsumsi. Lebih efektif karena membuat lebih mengeluarkan tenaga.

Sudah tentu setiap operasi memiliki kekurangan dibalik kelebihannya, diantaranya memiliki tingkat kerumitan yang tinggi dalam menjalankan mekanismenya sehingga melibatkan kompleksitas yang

Laparoscopic Sleeve Gastrectomy LSG)

Dalam menjalankan salah satu prosedur bariatrics surgery, hal utama yang akan anda dapatkan adalah penurunan berat badan drastis dari bagian organ lambung dengan LSG. Dalam prosedurnya mengurangi jumlah makan yang dapat ditampung sebelumnya dengan menyerupai bentuk pisang yang berukuran kecil. Dipandang sederhana, LSG merupakan cara untuk menurunkan berat badan efektif.

Laparoscopic Sleeve Gastrectomy memiliki kelebihan dapat mengurangi jumlah atau volume makanan yang dapat di tampung oleh lambung. Selain itu juga dengan LSG ini mampu menurunkan berat badan secara cepat dalam kurun waktu yang singkat. Dan dalam prosedur pembedahan berlangsung, LSG tidak melibatkan barang atau objek asing di dalam perut sehingga  operasi ini aman dilakukan.

Setelah mengetahui kelebihan, sekarang beralih ke kekurangan. Laparoscopic Sleeve Gastrectomy tidak bisa mengembalikan bentuk lambung seperti sedia kala, dalam artian lambung anda sudah dalam bentuk yang permanen. Selain itu juga pembedahan ini dapat menyebabkan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam waktu yang alam. Dan juga memiliki tingkat perubahan yang lebih tinggi.

Bedah untuk Obesitas Berbeda dengan Sedot Lemak

Mempengaruhi rasa lapar

Karena ukuran lambung yang lebih kecil dari sebelumnya, hal operasi semacam ini akan membuat anda lebih berkurang dari segi nafsu makan. Dibanding sebelumnya juga anda akan merasa lebih kenyang dibanding orang normal lainnya. Tentu saja hal ini akan berpengaruh pada berat badan anda yang turun.

Saluran pencernaan yang sudah di modifikasi

Dibanding sedot lemak, operasi mengalami beberapa perubahan yang memungkinkan pasien pada organ dalamnya akibat prosedur tersebut.

Kalori yang diserap tubuh

Pada sedot lemak hanya mengambil lemak yang berlapis di satu bagian tertentu, sedangkan operasi ini lebih berfokus pada bagian usus dan juga lambung yang segala bentuk prosedurnya.

Berpengaruh pada hormon

Karena modifikasi yang dilakukan membuat hormon yang dihasilkan sangat berbeda. Sedangkan sedot lemak hanya mengurangi berat badan tanpa memberikan efek lain pada tubuh.

Bersama dengan Digestihealth Bariatrics anda bisa memilih 3 prosedur yang tersedia diantaranya gastric bypass, mini gastric bypass, serta sleeve gastrectomy yang sudah dijelaskan diatas. Tidak perlu khawatir karena dengan bantuan dr. Peter Ian Limas akan memberikan anda pemecahan masalah dan juga jalan keluar bagi anda yang sudah merasa bingung terhadap penyakit anda dan orang terdekat.

Pilih dokter dengan segudang pengalaman dan juga tingkat profesionalitas yang tinggi. Hal bedah obesitas ini hanya bisa anda dapatkan di Digestihealth Bariatrics. Kunjungi bedahobesitas.id untuk mendapatkan informasi seputar operasi obesitas dan informasi lebih lanjut mengenai pembedahan bariatrik. Jangan menyepelakan obesitas karena bisa mengancam kesehatan anda dan juga lainnya.

Leave a Reply

WhatsApp chat